22 Agustus 2009

Semarak Ramadhan di Televisi

Para Pencari Tuhan

Penggemar sinetron komedi Para Pencari Tuhan boleh gembira. Sinetron kocak besutan Deddy Mizwar muncul lagi selama Ramadhan tahun ini dengan tajuk Para Pencari Tuhan 3 (PPT 3). Sinetron ini diputar sejak Jumat (21/8) waktu sahur.

Kisah PPT 3 merupakan kelanjutan dari PPT 2 yang tayang tahun lalu. Ketika itu, ujung cerita PPT 2 mengisahkan empat marbot masjid, yakni Bang Jack (Deddy Mizwar), Juki (Isa Bajaj), Chelsea (Melky Bajaj), dan Barong (Aden Bajaj) diajak naik haji oleh Pak Jalal (Jarwo Kuat).

Nah, di PPT 3 tahun ini, keempat marbot ini sudah pulang haji. Mereka pun menjalani kehidupan baru sebagai Pak Haji, lengkap dengan masalah-masalah baru.

Bang Jack diceritakan kangen berat pada Mekkah dan ingin menghabiskan sisa hidupnya di sana. Kisah percintaan Chelsea dan Aden belum juga sukses meski sudah berstatus haji. Sementara itu, Juki yang justru kehilangan jejak ibunya. Padahal, dia ingin sekali ibunya bahagia mengetahui anaknya sudah jadi haji.

Kisah keempat marbot itu berjalin dengan kisah Asrul (Asrul Dahlan) dan Udin Hansip (Udin Nganga) yang masih terpuruk dalam kemiskinan. Ada pula kisah cinta Azzam (Agus Kuncoro) dan Aya (Zaskia Mecca) yang masih tarik-ulur.

Manajer Humas SCTV Budi Darmawan mengatakan, PPT memiliki banyak penggemar. Penayangan sinetron ini pada Ramadhan 2007 dan 2008 rata-rata mampu merebut perhatian 30 persen-34 persen pemirsa di jam tayang 02.30-05.00. (BSW)

Konser Akbar RCTI

RCTI menggelar Konser Akbar selama dua hari, yakni 23-24 Agustus 2009. Konser ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun ke-20 RCTI.

Vice Presiden Produksi RCTI Indra Y Ramadhan menjanjikan konser musik yang spektakuler dengan tata panggung canggih. "Acara ini memadukan elemen visual, audio, hingga tata cahaya yang lebih interaktif dan tampak nyata dengan grafis-grafis LED yang bergerak mengikuti dinamika lagu," tambah Indra.

Acara ini melibatkan 200 artis, ratusan penari dan pemusik. Artis yang tampil di konser ini antara lain Agnes Monica, Afgan, Gita Gutawa, Vidi Aldiano, Opick, dan penyanyi jebolan Indonesian Idol serta Idola Cilik.

"Pokoknya, konser ini berbeda dengan konser-konser lainnya," ujar Harsiwi Ahmad, Direktur Programming RCTI, pekan lalu.

Selain konser musik, RCTI juga mendatangkan Danny Cole, juara dunia magic. Dia akan diadu dengan Deddy Corbuzier, magician (atau di Indonesia sering disamakan dengan pesulap) lokal.

Magician lokal lain yang akan beraksi adalah Limbad. Rencananya, Limbad akan berdiri di atas tiang setinggi 20 meter selama 20 jam. Dia akan mengakhiri aksinya itu dengan melompat ke bawah.

Harsiwi berharap acara-acara yang akan disiarkan langsung tersebut bisa menghibur dan menarik perhatian penonton. (BSW)

Rahmat Semesta Alam

Seperti stasiun televisi lainnya, Metro TV juga menyiapkan program spesial selama Ramadhan tahun ini. Salah satunya adalah Ensiklopedia Islam: Rahmat Semesta Alam.

Acara yang tayang menjelang waktu berbuka puasa sejak 22 Agustus ini bentuknya reality-talk show. Pemandunya adalah Shahnaz Haque dan Ustadz Abu Sangkan.

Pada setiap episodenya, acara ini dibuka dengan segmen reality. Segmen ini memotret perjalanan Abu Sangkan yang memberikan pencerahan kepada orang-orang yang dia temui.

Segmen ini lalu dikupas lagi dalam diskusi di studio. Isu yang dibahas cukup sederhana, namun sebenarnya sangat mendasar, seperti mengapa kita (Muslim) harus shalat? Mengapa shalat menghadap ka'bah? Mengapa harus berwudu? Apa fungsi shalat? Bagaimana shalat sebagai rahmat?

Production Manager Metro TV Agus Mulyadi mengatakan, program dakwah ini kemasannya sengaja dibuat ringan agar pesan-pesannya mudah ditangkap pemirsa.

Selain itu, Metro TV juga memiliki program Sukses Syariah yang dipandu Syakir Sula. Dalam setiap episode, acara ini membahas topik seputar konsep-konsep ekonomi syariah, keunggulannya, dan perkembangannya di dalam dan di luar negeri. Acara ini juga memberitahukan cara-cara untuk berinvestasi di bisnis perbankan dan bisnis syariah lain- nya. (BSW)

Jejak Islam

Selama Ramadhan tahun ini, tvOne menayangkan program Jejak Islam sejak Senin hingga Jumat pukul 14.00-14.30. Sebagaimana judulnya, program ini mengajak pemirsa di rumah melihat jejak-jejak Islam di berbagai negara.

Pemirsa "dipandu" seorang reporter yang melakukan perjalanan seperti seorang backpacker atau turis dengan dana terbatas ke tempat-tempat menarik, seperti masjid, museum, serta perkampungan Muslim di berbagai negara, seperti Arab Saudi, Vietnam, Filipina, Rusia, Maroko, Bosnia, dan lainnya. Reporter juga memotret adat istiadat Muslim di negara lain.

Program ini cukup menarik untuk ditonton. Sambil "bertamasya" melalui televisi, pemirsa juga mendapatkan informasi kehidupan Muslim di luar Indonesia.

Selain Jejak Islam, tvOne juga menayangkan program perjalanan lainnya, yakni Kamus Kuliner yang diasuh Hermawan Sulistyo. Dalam program ini, Hermawan menceritakan daerah yang dia kunjungi dan pengalaman yang dia peroleh selama perjalanan.

Tidak lupa, dia juga mengupas tempat makan yang dia kunjungi, bagaimana proses pembuatan makanan, hingga penyajiannya. Dari program ini, pemirsa mendapatkan informasi mengenai tempat-tempat makan yang enak.

Program ini tayang hari Senin hingga Jumat, pukul 14.00-14.30. (BSW)

http://koran.kompas.com/read/xml/2009/08/23/02542394/kronik.televisi

1 komentar:

Iklan Gratis mengatakan...

bener2 dashat deh...
RCTI selalu melekay dihati aku...
selain acara2nya yg keren, RCTI juga selalu menampilkan tanyangan2 fresh...

apalagi sekarang RCTI merayakan HUT nya dengan spektakuler...
acara2 keren, selain para musisi, RCTI juga menampilkan atraksi LIMBAD yg menantang fobia ketinggian...
ini bukan hanya sebuah atraksi menantang maut, tetapi ini adalah suatu pertunjukan yg sangat menantang...
bahkan setelah melewati 20jam, LIMBAd akan melompat tanpa alat pengaman...
pasti seru n keren deh acaranya...

yg pasti, semoga RCTI sekamin dewasa dan bermutu dalam menampilkan tayangan2nya.
kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang