13 Maret 2009

Mancing Mania Tak Sekadar Menangkap Ikan

Ini adalah program dokumenter tentang dunia memancing, terutama sport fishing. Apa itu sport fishing?

Hanya dengan joran kecil, Bayu Noer berhasil mengangkat seekor blue marlin seberat 150 kilogram! Sungguh aksi luar biasa dari Bayu ketika mengadu peruntungan di perairan terluar bagian barat Indonesia.

Siapakah Bayu? Dia adalah salah satu peserta acara Mancing Mania episode Jigging Blue Marlin yang tayang di Trans 7, Ahad (8/3) lalu. Program yang hadir setiap Sabtu dan Ahad pukul 16.00 WIB ini dipandu oleh pemancing andal Dudit Widodo. ''Acara ini hadir sebagai pelopor dan masih merupakan satu-satunya acara televisi nasional yang memfokuskan diri di dunia pancing, dunia menangkap ikan,'' ujar Dudit.

Menurut dia, Mancing Mania adalah program dokumenter mengenai dunia memancing, khususnya sport fishing. Apa itu sport fishing? ''Sport fishing lebih menitikberatkan pada aktivitas fisik, terutama pada saat strike (umpan disambar ikan) dengan ikan-ikan monster. Tujuan utama dari sport fishing adalah berolahraga, bukan mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya,'' jelas Dudit.

Dalam setiap episodenya, pemirsa diajak mengenal lokasi-lokasi yng sarat ikan. Tak hanya di laut, lokasi itu bisa saja di sungai, danau bahkan kolam. Dengan begitu, ketika menonton acara ini, pemirsa sekaligus bisa  melihat keindahan alam di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, pemirsa juga dapat menambah wawasan mengenai berbagai jenis ikan. ''Jadi, jika Anda hobi memancing, sempatkan untuk menonton acara ini. Paling tidak, Anda bisa membandingkan pengalaman Anda ketika memancing dengan pengalaman para peserta Mancing Mania,'' ajak Dudit.

Mancing Mania sepertinya digarap cukup baik. Pada beberapa episode yang telah tayang, pemirsa bisa menikmati gambar-gambar yang indah dan dramatis. Ada deburan ombak, laut biru, karang dan ikan warna-warni, juga pasir putih. ''Tak sekadar menangkap ikan, Mancing Mania juga akan menangkap keindahan alam Indonesia.''

Acara petualangan
Mancing Mania bukanlah satu-satunya acara petualangan di layar Trans7. Masih ada beberapa program petualangan lain yang bisa Anda dan keluarga nikmati. Sebut saja misalnya, Bocah Petualang (Si Bolang), Si Bolang Jalan-jalan, Laptop Si Unyil, Buku Harian Si Unyil, Jejak Petualang dan Jejak Si Gundul. ''Acara-acara ini juga mampu menangkap keindahan alam Indonesia dan mengemasnya menjadi tontonan yang menarik,'' ucap Linda Fitriesti, media relations officer Trans 7.

Menurut Linda, Si Bolang yang ditujukan untuk anak-anak, hadir sejak 2005 dan sampai kini masih disuka. ''Si Bolang ternyata cukup sukses menjadi tontonan favorit anak-anak,'' kata Linda. Mengantongi rating 2,5 poin dan share 18,4 persen, Si Bolang masih menjadi program unggulan di Trans 7. Bukti keberhasilan Si Bolang juga terlihat dari suksesnya meraih penghargaan bergengsi sebagai Program Anak Terfavorit versi Panasonic Awards 2007.

Program petualangan lain yang mampu mencuri perhatian pemirsa adalah Jejak Petualang. Acara ini tayang setiap Senin-Jumat pukul 16.00 WIB. ''Program ini khusus dihadirkan bagi para petualang sejati. Sesuai namanya, acara ini menayangkan perjalanan ke berbagai tempat yang penuh dengan petualangan,'' lanjut Linda.

Jejak Petualang menyajikan keanekaragaman hayati, eksotika bawah laut, budaya serta keunikan adat-istiadat dari berbagai penjuru Nusantara. Program ini terasa makin 'menggigit' karena dipandu presenter wanita yang enerjik dan penuh semangat yakni Syifa Kumala atau Riyani Jangkaru.

Yang juga patut Anda tonton adalah Jejak Si Gundul yang tayang setiap Sabtu pukul 15.30 WIB. Program ini dipandu oleh pengembara sejati, Heru Gundul, yang selalu mencatat pengalaman menariknya dalam buku harian. Di acara ini, ia akan berbagi pengalaman seputar perjalanannya ke berbagai pelosok negeri yang dilakukan ala backpacker. Terkadang menumpang truk barang, kapal nelayan, atau jalan kaki. Cukup menarik?  rusdy nurdiansyah

http://www.republika.co.id/koran/43/37038/I_Mancing_Mania_I_Tak_Sekadar_Menangkap_Ikan

1 komentar:

adio mengatakan...

akan d adakan lomba mancing di sungai dengkeng desa cawas kecamatan cawas klaten jawa tengah hari sabtu n minggu 8&9 agustus 2009.pendaftaran Rp 50.000 hr sabtu,Rp 60.000 untuk hari minggu.