28 Februari 2009

Program Berita Berebut Panasonic Award 2009

Kabar Petang TV One bersaing ketat dengan tujuh program berita di stasiun televisi lain.

Panasonic Award yang merupakan ajang penghargaan kepada insan pertelevisian di Indonesia akan kembali digelar. Ajang yang digelar sejak 1997 ini merupakan ajang tahunan  dan kini memasuki penghelatan yang ke 12 kalinya.

Dalam ajang tahunan yang bergensi bagi insan pertelevisian ini,  akan diperebutkan sebanyak 23 penghargaan dari sembilan penghargaan Kategori Individu dan 14 penghargaan Kategori Program Acara Terfavorit. Pada ajang kali ini, program berita di setiap stasiun televisi saling bersaing untuk merebut penghargaan itu.

Stasiun TV One yang merupakan 'pendatang baru' tampaknya mulai menggebrak program pemberitaan yang jauh lebih dulu hadir di stasiun televisi lain. Pada kategori Program Berita Terfavorit, Kabar Petang (TV One) bersaing ketat dengan tujuh program berita lainnya. Sebut saja Topik Petang (ANTV), Seputar Indonesia (RCTI), Berita Global (Global TV), Headline News (Metro TV), Sidik Kasus (TPI), Liputan Petang (SCTV), Cerita Anak (Trans TV), dan Redaksi Kontroversi (Trans 7).

Untuk Kategori Program/Acara, Panasonic Award juga akan menilai program seperti Drama Seri Terfavorit, Kuis/Game Show Terfavorit, Infotainment Terfavorit, Music/Variety Show Terfavorit, Reality Show Terfavorit, News Magazine Terfavorit, Komedi/Lawak Terfavorit, Talkshow Terfavorit, Entertainment Talkshow Terfavorit, Olahraga Terfavorit, Hiburan Anak-Anak Terfavorit, Edutainment Anak-Anak Terfavorit, News Terfavorit, dan Documentary Terfavorit.

Selain program berita dan acara, 23 kategori lain yang akan diperebutkan adalah Aktor Terfavorit, Aktris Terfavorit, Kuis Game Show Presenter Terfavorit, Infotainment Presenter Terfavorit, Music Variety Show Presenter Terfavorit, Presenter Berita Current Affairs Terfavorit, Pelawak Terfavorit, Presenter Olahraga Terfavorit, dan Reality Show Presenter Terfavorit.

TV One memperoleh delapan nominasi untuk kategori program acara yakni Kabar Petang, Apa Kabar Indonesia Malam, Cover Story, Debat, Telusur, Negeri Impian, Liga Djarum dan Copa Indonesia. Delapan program tersebut siap bersaing ketat dengan program acara televisi lain.

Untuk kategori Documentary, Telusur (TV One) akan bersaing dengan Urban (RCTI), Metro Files (Metro TV), Jendela (TPI),Potret (SCTV), Mata Rantai (ANTV), Reportase Investigasi (Trans TV) dan Kisah Anak Nusantara (Trans 7).

Kategori Entertainment Talkshow Terfavorit, Negeri Impian (TV One) mendapat saingan cukup berat dari empat program acara Trans TV yakni Bukan Empat Mata, Empat Mata, Dorce Show, dan Ceriwis.

Namun pada kategori Program Talkshow Terfavorit, tiga program acara TV One masuk nominasi yakni Apa Kabar Indonesia Malam, Cover Story dan Debat yang akan bersaing dengan Topik Minggu Ini (ANTV), dan Kick Andy (Metro TV).

Sedangkan untuk program acara Olahraga Terfavorit, TV One diwakili Liga Jarum dan Copa Indonesia yang akan bersaing ketat dengan Liga Jarum (ANTV), AFC Asian (RCTI), dan AFC Asian (Global TV).

Adapun untuk nominasi Aktor Terfavorit yakni Teuku Wisnu, Rezky Aditya, Dude Herlino, Christian Sugiono dan Adly Fairuz. Untuk nominasi Aktris Terfavorit adalah Shireen Sungkar, Chelsea Olivia Wijaya, Alyssa Soebandono, Naysila Mirdad dan Luna Maya.

Pemilihan kategori penghargaan dilakukan berdasarkan riset yang dilakukan AGB Nielsen Media Research. Tiap-tiap nominasi diverifikasi oleh tim verifikasi yang terdiri dari para praktisi dan orang-orang yang ahli di bidang pertelevisian dan hiburan.

Tim verifikasi tersebut beranggotakan Wisnutama (Trans TV), Yeni P Anshar dan Rosiana Silalahi (SCTV), Nana Putra (TPI), Manoj Punjabi (MD Entertainment), Irfan Ramli (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia), Idi Subandi (Mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Komunikasi UI dan pemerhati budaya), dan aktor Anjasmara.

Penyaringan awal program nominasi Panasonic Awards ke 12 dilakukan AGB Nielsen Media Research. Metode jajak pendapat yang dilakukan melalui telepon terhadap 1.300 responden yang tersebar di sepuluh kota di Indonesia.

Puncak acara Panasonic Award ke-12 dengan tema Mahakarya Anak Bangsa ini bakal digelar pada 27 Maret 2009 mendatang. Sejumlah artis muda berbakat seperti Shireen Sungkar, Teuku Wisnu, Alyssa Soebandono, Luna Maya dan Naysila Mirdad dijadwalkan akan  membacakan peraih nominasi. ''Panasonic Award 2009 tidak lagi terpaku pada kualitas program dan rating saja, tetapi juga mengambil penilaian dari popularitas program televisi tersebut,'' kata Tantowi Yahya, publication Panasonic Award 2009.

Menurut Tantowi, penyelenggaraan Panasonic Award 2009 diselenggarakan lebih awal, yakni pada kwartal pertama. Ini bertujuan untuk menyamakannya dengan event-event penghargaan bertaraf internasional lainnya, dan memperpanjang masa periode penilaian. Ajang ini nantinya akan disiarkan langsung oleh tiga stasiun televisi, yakni  RCTI, Global dan TPI.  rusdy nurdiansyah

http://www.republika.co.id/koran/43/34029/Program_Berita_Berebut_Panasonic_Award_2009

Tidak ada komentar: