09 Januari 2009

Kontes De Parpol,Talkshow Politik dengan Kemasan Ringan

Kalangan artis yang menjadi caleg di sejumlah parpol akan menjadi narasumber dalam acara ini.

Jumat, 09 Januari 2009 pukul 15:11:00 :: Pemilu 2009 semakin dekat. Suhu politik pun kian hangat. Pesta demokrasi bagi rakyat Indonesia ini dicermati antusias oleh masyarakat, dan tercermin dalam berbagai tayangan yang disajikan stasiun televisi. TV One telah mengukuhkan diri sebagai TV Pemilu. Metro TV sebagai TV Refrensi Pemilu Indonesia. Seperti tak mau ketinggalan dengan hingar bingar pesta demokrasi tersebut, TPI mencoba menampilkan program acara talkshow

bertajuk Kontes De Parpol. ''Momen bersejarah bangsa Indonesia akan berlangsung pada 2009. Sebagai bentuk kepedulian terhadap pesta demokrasi tersebut, TPI menghadirkan sebuah program jelang Pemilu yang dikemas secara ringan sehingga mudah diterima oleh masyarakat,'' ujar Sang Nyoman Suwisma, direktur utama TPI, saat peluncuran program Kontes De Parpol di Jakarta, Rabu (7/1).

Menurutnya, banyak orang menilai politik adalah masalah serius tentang masa depan bangsa dan negara, yang berat untuk dibahas. Namun TPI berusaha menerobos penilaian tersebut dengan sajian <I>talkshow<I> ringan seputar parpol, caleg, pemilu dan pilpres.

Sang Nyoman mengatakan, saat ini masyarakat memerlukan media untuk berpartisipasi membahas isu-isu politik secara ringan. ''Tidak harus memeras tenaga dan pikiran, apalagi gontok-gontokan,'' ujarnya. Kontes De Parpol diharapkan mampu menjadi tayangan alternatif, informatif dan menghibur pemirsa. ''Kami berupaya memberikan informasi yang benar agar masyarakat mendapatkan pencerahan sebelum tiba saatnya memilih,'' tutur ujar Nyoman.

Peluncuran program Kontes De Parpol dihadiri oleh puluhan utusan parpol dan caleg. Salah satunya adalah Ricky Johanes yang juga caleg salah satu parpol. Pria yang akrab disapa Ricky Jo ini mengaku belum tahu secara persis manfaat dari program tersebut. ''Pasti ada impact-nya. Tapi kalau dibilang efektif, saya kira belum tentu. Idealnya acara ini harus menekankan unsur pendidikan politik yang benar kepada masyarakat,'' kata Ricky Jo.

Diikuti 38 parpol
Wijaya Kusuma Soebroto, corporate secretary TPI mengatakan, Kontes De Parpol mulai ditayangkan Ahad (11/1).  Acara yang dipandu Julia Perez dan Panji Pradiwaksono ini, akan hadir setiap Ahad pukul 21.30 WIB.

Menurut Wijaya, acara berdurasi 120 menit ini mencoba menampilkan pembicaraan politik berisi berbagai persoalan dengan kemasan ringan. ''Kontes De Parpol juga membahas masalah  pengangguran, sembako, banjir, pendidikan dan berbagai masalah sosial lainnya,'' ujar Wijaya.

Wijaya mengatakan, Kontes De Parpol akan diikuti 38 parpol peserta Pemilu 2009. Sejumlah artis dan selebritis yang menjadi caleg di sejumlah parpol akan menjadi narasumber dalam acara ini. Jika parpol yang diundang tidak memiliki caleg dari kalangan artis atau selebritis, bisa diwakili oleh Pengurus Partai atau yang ditunjuk. Narasumber tersebut akan membahas tema-tema serta menjawab berbagai pertanyaan dari host dan audience.

Sebelum membahas tema program, acara ini akan diawali penampilan kelompok lawak yang menghadirkan sketsa atau parodi tentang tema tersebut. Acara yang ditayangkan 13 episode ini pada segmen pertama diiisi oleh opening dan atraksi pembuka oleh masing-masing parpol. Dilanjutkan segmen kedua yakni sketsa komedi dan tanggapan parpol serta debat atas cerita dalam sketsa tersebut.  ruz
http://www.republika.co.id/koran/43/25226.html

Tidak ada komentar: