17 Januari 2009

Dahsyat Suguhan Musik di Pagi Hari

Penampilan kocak dan heboh para presenternya memberi nilai lebih pada program ini.

Kamis, 15 Januari 2009 -- Anda yang suka musik masa kini tentu tahu Dahsyat. Acara musik yang tayang di layar RCTI setiap Senin hingga Sabtu pukul 09.30-10.30 WIB ini memang tengah digandrungi pemirsa.

Tak hanya menayangkan klip lagu-lagu yang sedang hit, program ini juga menampilkan penyanyi atau grup band secara live. Hal lain yang menambah daya tarik Dahsyat adalah penampilan tiga presenternya -- Olga Syahputra, Raffi Ahmad dan Luna Maya -- yang kocak dan heboh. ''Kehebohan tiga presenternya dengan ikut-ikutan melawak, saling mencela, memperolok diri plus membocorkan gosip-gosip hangat, membuat acara ini berbeda,'' kata John Fair Kaune, eksekutif produser Dahsyat.

Tak jarang, kata John, tiga presenter yang datang dari latar belakang berbeda ini menjadikan kehidupan pribadi mereka sebagai bahan banyolan. ''Apalagi kalau yang dibahas sudah telanjur ramai di infotainment,'' ucap John.

Tampil apa adanya dan menjadi diri sendiri tampaknya menjadi kunci kekompakan tiga presenter ini. Olga yang sebelumnya dikenal suka melawak menjadi motor dari kehebohan dan kekonyolan itu. Raffi yang cuek, ngocol dan dekat dengan predikat playboy tangkas menimpali 'kegilaan' Olga. Sedangkan Luna yang lebih kalem di antara keduanya kerap menjadi umpan lawakan Olga dan Raffi.

Masih ingat salah satu episode Dahsyat ketika Peterpan hadir sebagai bintang tamu? Tak pelak, Luna yang selama ini digosipkan punya hubungan asmara dengan Ariel, sang vokalis Peterpan, jadi bahan ledekan. Di lain episode, giliran kisah asmara Raffi yang jadi bahan banyolan. ''Ternyata banyolan seperti ini malah lebih menarik dan berpengaruh pada perolehan rating,'' tutur John.

Dahsyat yang tayang di RCTI sejak April 2008 menyajikan tayangan musik berikut video klip terbaru, sekaligus menampilkan penyanyi maupun grup band sebagai bintang tamu. ''Kami memilih beberapa musik yang masuk, setelah itu kami seleksi mana yang terbaik. Yang jelas kami memutar video klip yang layak tayang dan lagunya populer,'' jelas John.

Selain menyuguhkan hiburan, Dahsyat diharapkan dapat meningkatkan kecintaan pemirsa terhadap musik Indonesia. Sebagai sebuah tontonan, Dahsyat dinilai cukup sukses dengan perolehan rating harian terakhir 2,5 poin dan share 22,8 persen. Sementara rating tertinggi yang pernah dicapai program ini adalah 3,7 poin dan share 24.

Bersaing di pagi hari
Dahsyat tak melenggang sendirian. Ia tak luput dari persaingan yang begitu ketat. Gemerincing musik di pagi hari dapat pula dinikmati dari layar Global TV lewat programnya MTV Ampuh. Program yang bisa dikatakan sebagai trendsetter acara musik di pagi hari ini tayang setiap hari pada pukul 10.30 WIB. Sejak 4 Agustus lalu, MTV Ampuh tampil dalam nuansa baru dengan menampilkan gaya santai dua VJ (video jockey) dan satu bintang tamu. ''VJ MTV ini selain membacakan chart lagu, juga memutarkan video. Program ini pun mendatangkan band-band baru yang berprestasi atau sedang naik daun,'' terang Indrajaya, produser MTV Ampuh.

Saat ini, MTV Ampuh hanya mengantongi rating 1 poin dan share 8 hingga 17 persen. ''Yang pasti banyaknya program musik serupa, membuat MTV Ampuh akan terus melakukan perbaikan demi menarik minat pemirsa.''

Suguhan musik di pagi hari juga ada di SCTV. Inbox, demikian nama program musik pagi dari stasiun televisi ini. Dari banyak segi, kata Budi Darmawan, Humas SCTV, Inbox yang tayang sejak 3 Desember 2007 mirip siaran radio. Pada setiap episode, hadir 20 lagu yang sedang hit. Penonton diminta memilih lagu, dan jika ada lagu yang kurang diminati, peringkatnya akan turun. ''Inbox juga menampilkan para penyanyi dan grup band yang sedang digemari,'' sambung Budi.

Sejak pertama kali ditayangkan, kata dia, program musik ini memperoleh audience share rata-rata 24-25 persen. Artinya, program ini ditonton oleh 24-25 persen pemirsa televisi pada jam tayangnya. Dipandu oleh presenter Andara Early, tontonan berdurasi satu jam ini ditayangkan secara langsung dari kota-kota yang disinggahi. ruz

http://www.republika.co.id/koran/43/26250.html

Tidak ada komentar: