02 Desember 2008

Indosiar Tak Akan Ekspansi Tahun Depan

Selasa, 2 Desember 2008 | 15:28 WIB — PT Indosiar Karya Media menegaskan tidak akan melakukan ekspansi bisnis sama sekali dan tidak mematok belanja modal (capital expenditure atau capex) tahun 2009. "Tahun depan kami akan freeze semua capex kecuali yang sifatnya maintenance. Kalaupun kinerja keuangan tahun depan bisa menyamai kinerja tahun ini, itu sudah bagus," kata Direktur Keuangan Indosiar Phiong Philipus Dharma saat Public Expose 2008 di Indosiar, Jakarta, Selasa (2/12).


Untuk capex yang bersifat maintenance, Phiong mengaku pihaknya akan mengucurkan dana sekitar Rp 20 miliar. Dananya diperoleh dari kas internal perseroan. "Kami ingin berjalan konservatif dulu dengan optimalkan aset yang ada," ujarnya.

Hingga akhir september, perseroan mencatat pendapatan sebesar Rp 643,50 miliar atau lebih tinggi daripada periode yang sama 2007 sebesar Rp 444,11 miliar. Dari jumlah itu, Indosiar Karya Media mencatat laba bersih sebesar Rp 63,28 miliar. Phiong mengakui, kondisi krisis keuangan global, terutama pasca-Idul Fitri akan membuat perseroan sulit membukukan kenaikan pendapatan hingga akhir tahun. "Akhir tahun agak kritis. Namun, kami tetap positif," kata Phiong.

Untuk meningkatkan segmen pemirsa, tahun depan perseroan akan menambah porsi tayangan nondrama, dari yang selama ini drama dan sinetron. Menurut Phiong, perseroan akan memanfaatkan momentum jenuhnya pemirsa televisi akibat tayangan sinetron. "Masyarakat perlu jeda dengan tidak menonton sinetron," tuturnya.

http://www.kompas.com/index.php/read/xml/2008/12/02/15281072/indosiar.tak.akan.ekspansi.tahun.depan.

Tidak ada komentar: