30 November 2008

Program "Bukan Empat Mata" Melecehkan KPI

hendro situmorangTukul Arwana

[JAKARTA] Program baru Trans7, Bukan Empat Mata, yang akan ditayangkan setiap Senin-Jumat pukul 21.00 WIB, mulai 1 Desember 2008 nanti, dianggap telah melecehkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Program baru itu merupakan pengganti dari Empat Mata yang dihentikan sementara penayangannya karena menampilkan bintang tamu memakan katak dan ikan hidup-hidup.

Ketika dihubungi oleh SP di Jakarta, Jumat (28/11), Koordinator Bidang Kelembagaan KPI Pusat, Sinansari Ecip, mengatakan, pemakaian atau pemilihan judul itulah (Bukan Empat Mata) yang melecehkan. Pihak Trans7 sepertinya bermain-main, bahkan meledek KPI dengan memilih judul Bukan Empat Mata. Pemakaian kata "Bukan" itulah masalahnya.

"Sebelumnya, kami sudah memberi waktu satu bulan paling cepat dan tiga bulan paling lama, untuk mengoreksi program acara mereka. Kalau ditayangkan pada tanggal 1 Desember 2008, berarti sudah melanggar keputusan KPI. Kalau mau memakai nama Empat Mata kembali boleh saja, tetapi harus sesuai dengan keputusan, yaitu satu bulan setelah penghentian sementara, sejak 4 November lalu," tegas Sinan

Anggota KPI Pusat itu menambahkan, KPI akan memantau terus program baru Trans7. Untuk tayangan berikutnya, baiknya tidak lagi mengandung unsur kekerasan, pornografi, dan pelecehan, baik pada suatu lembaga ataupun tamu-tamu yang menonton acara itu. Penayangan kembali pada 1 Desember 2008, bukan ha- sil kesepakatan KPI dengan pihak Trans7.

Sementara itu, Kepala Divisi Produksi Trans7, Herty Purba menjelaskan, program Bukan Empat Mata tidak sama dengan Empat Mata. Pihak Trans7 juga akan lebih berhati-hati dalam menyajikan tayangan tersebut.

"Kami akan bermain di ranah yang aman saja. Program baru ini pastinya akan diawasi secara ketat oleh KPI dan dampaknya sangat luas. Tetapi ini tidak berarti Bukan Empat Mata akan berkurang kualitasnya,"ucap Herty sebagai produser acara.

Dengan demikian, program Tanda Mata yang mengisi kekosongan waktu Empat Mata tidak tayang dan akan dihapus. Sama seperti dengan sebelumnya, program ini mengangkat tema kehidupan masyarakat yang dibawakan secara ringan dan jenaka oleh Tukul dan para asistennya, yaitu Peppy dan Vega. Selain Bukan Empat Mata, program baru yang akan mengisi tayangan Trans7 mulai awal Desember ini adalah Dunia Bawah Air, Koki Cilik, dan Rahasia Sunah. [HDS/F-4]

http://202.169.46.231/News/2008/11/29/index.html

Tidak ada komentar: