10 Oktober 2009

Republika, Media Cetak Terbaik Beritakan Mudik

JAKARTA--Satu lagi penghargaan untuk Harian <I>Republika<I>. Setelah menerima penghargaan Gold Asia Media Award 2009 untuk kategori <I>Best Design Front Page<I> (desain terbaik halaman muka) dari Asosiasi Surat Kabar dan Penerbit Berita Dunia (WAN-IFRA), bulan lalu, kini <I>Republika<I> mendapat penghargaan lainnya.

Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) memberikan penghargaan kepada Harian <I>Republika<I> sebagai penyaji dan pemberi pencerahan terbaik selama musim mudik Lebaran tahun 2009. Penghargaan itu pun diserahkan langsung oleh Menteri Kominfo M Nuh di Gedung Sapta Pesona, Jumat (9/10).

Selain <I>Republika<I>, Depkominfo juga memberikan penghargaan kepada media televisi terbaik, yaitu <I>Metro TV<I>, dan media radio terbaik, yaitu <I>El-Shinta<I>. Media cetak terbaik kedua diraih oleh <I>Koran Tempo<I> dan media televisi terbaik kedua diraih <I>TVRI<I>, sedangkan media radio terbaik kedua diraih oleh <I>RRI<I>.

''Penghargaan ini untuk memberikan apresiasi kepada insan media,'' jelas Menkominfo M Nuh kepada wartawan usai pemberian penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan tersebut diberikan terkait pemberitaan atau penyajian informasi selama mudik Lebaran tahun 2009.

Menurut M Nuh, penyajian informasi yang diberikan oleh berbagai media saat mudik Lebaran tersebut sangat membantu masyarakat. Karena itu, pihaknya wajib memberikan apresiasi terhadap hal tersebut. ''Kita akan tradisikan budaya mengapresiasi seperti ini,'' tegasnya.

Juru Bicara Depkominfo, Gatot S Dewo Broto, kepada <I>Republika<I> mengatakan, penghargaan tersebut diberikan berdasarkan pemantauan tim Depkominfo terhadap frekuensi pemberitaan terkait mudik Lebaran di berbagai media. Pemantauan itu pun dilakukan dari 16 hingga 25 September 2009.

''Jadi, yang kita pantau bukan hanya frekuensinya, tetapi juga isi pemberitaan, <I>problem solving<I> yang ditawarkan bisa memberi pencerahan atau tidak, serta variasi informasi terkait mudik sendiri,'' terangnya.

<I>Monitoring<I> itu pun, kata dia, dilakukan terhadap delapan media cetak, 11 media televisi, dan lima media radio. Delapan media cetak tersebut antara lain adalah <I>Kompas, Republika, Bisnis Indonesia, Suara Pembaharuan, Rakyat Merdeka, Pos Kota, Media Indonesia<I>, dan <I>Koran Tempo<I>.

Sedangkan, media televisi yang dimonitor antara lain adalah <I>TVRI, TPI, RCTI, SCTV, AnTV, Indosiar, TransTV, Trans7, Global Tv, TVOne<I>, dan <I>Metro TV<I>. Media radio sendiri adalah <I>RRI, El-Shinta, Trijaya, Sonora<I>, dan <I>Delta<I>.

Berdasarkan kriteria tersebut, pihaknya, kata Gatot, kemudian membuat peringkat berdasarkan skor tertinggi perolehan penilaian. Skor penilaian itu pun berurutan dari 70 hingga 100. Berdasarkan hasil <I>skoring<I>, media yang memperoleh skor tertinggi adalah <I>Republika<I> untuk media cetak, <I>Metro TV<I> untuk media televisi, dan <I>El-Shinta<I> untuk  radio. yli
http://www.republika.co.id/koran/33/81415/I_Republika_I_Media_Cetak_Terbaik_Beritakan_Mudik

Tidak ada komentar: