21 Maret 2009

KRONIK TELEVISI ”Duel” Patton-Debo

Kontes menyanyi Idola Cilik 2 di RCTI tinggal selangkah lagi. Pada Sabtu (29/3) mendatang, hasil perolehan SMS kedua finalis, yakni Andryos Aryanto (Debo) dan Patton Otlivio Latuperissa (Patton), akan dihitung. Finalis yang memperoleh SMS terbanyak akan dinobatkan sebagai idola cilik baru.

Pemenang kontes ini memang ditentukan oleh jumlah SMS yang dikirim pemirsa untuk setiap finalis. Sistem ini juga diterapkan untuk Indonesian Idol, kontes menyanyi lainnya di RCTI.

Pada babak grand final Idola Cilik, Sabtu lalu, Patton (10) dan Debo (11) tampil memukau. Patton kembali memperlihatkan kekuatan vokalnya, antara lain ketika menyanyikan lagu "Laskar Cinta" milik Ahmad Dhani. Sementara itu, Debo tampil amat santai dan energik. Dia, antara lain, menyanyikan lagu "Ku Tak Bisa" milik Slank.

Sebagaimana kontes idola-idolaan di RCTI, Idola Cilik 2 diwarnai adegan-adegan mengharukan. Pada babak grand final, Debo bertemu kembali dengan ibunya yang sejak lima tahun lalu bekerja sebagai tenaga kerja wanita (TKW) di Arab Saudi. Sambil terisak, Debo menyanyikan lagu "Ku Tak Bisa" yang liriknya dipelesetkan menjadi ku tak bisa/ jauh... jauh dari ibu//.

Hafni Sari Damayanti dari Humas RCTI untuk Idola Cilik mengatakan, kedua finalis memiliki peluang yang sama besar untuk memenangi kontes Idola Cilik. (bsw)

Gemerlap "Funtast16"

Stasiun antv menggelar konser musik bertajuk Funtast16 pada 29 Maret mendatang di Dome Ancol, Jakarta. Konser yang akan disiarkan antv secara langsung itu merupakan puncak perayaan ulang tahun ke-16 antv.

CEO antv Dudi Hendrakusuma, Rabu (18/3), mengatakan, konser tersebut merupakan simbol eksistensi antv di industri pertelevisian nasional. Karena itu, pihaknya menampilkan deretan artis yang sedang populer saat ini, seperti Mulan Jameela, Aura Kasih, Mahadewi, Afgan, Ello, Project Pop, Dewi Persik, Slank, J-Rocks, dan ST12. Selain itu, antv juga menampilkan musisi legendaris, seperti Fariz RM, Achmad Albar, dan Ian Antono.

Presiden Direktur antv Anindya N Bakrie menambahkan, antv telah mengalami jatuh bangun dan masa-masa sulit selama 16 tahun berdiri. Ke depan, lanjut Anindya, antv berupaya membuat program-program yang lebih inovatif dan kreatif agar bisa menjadi televisi nomor satu di Indonesia. "Tentu saja dalam bingkai menghibur sekaligus mendidik," katanya.

Pada tahun-tahun awal ketika antv didirikan, stasiun ini identik dengan saluran olahraga dan berita. Saat ini siaran antv banyak diwarnai program-program komedi, mulai dari Tawa SutraXL, Cuplikan Lucu, Cagur Naik Bajaj, Lajang, dan Numpang Idup. (BSW)

"Terlanjur Cinta"

SCTV menayangkan sinetron terbaru berjudul Terlanjur Cinta mulai 16 Maret lalu. Sinetron yang ditayangkan setiap hari ini bercerita tentang kisah cinta antara Murni dan Ryan. Mereka berencana untuk menikah. Namun, rencana itu buyar karena Ryan tewas dalam sebuah kecelakaan.

Setelah itu, muncul Ridho, pemuda yang diharapkan orangtua Murni dapat menggantikan posisi Ryan. Namun, Murni ternyata tidak mudah melupakan Ryan. Selain itu, Ridho juga telah dijodohkan orangtuanya dengan perempuan lain.

Dari sini, cerita melebar ke mana-mana. Ibunda Rhido, Mutia, bersama seorang perempuan bernama Shalimar berusaha memisahkan Ridho dan Murni. Di lain cerita, Shalimar menikah dengan Fachri, adik Ridho. Masalah kembali muncul karena kekasih Fachri, Ernest, tidak menerima pernikahan itu. Pasalnya, dia telah mengandung anak Fachri.

Sebagaimana sinetron pada umumnya, Terlanjur Cinta diramu atas kisah romantis, tragis, dan mengharu biru. Tidak lupa pula ada intrik di sana-sini. Apakah jalinan cerita yang disajikan masuk akal? Itu urusan lain.

Senior Manager Public Relations SCTV Budi Darmawan mengatakan, cerita sinetron dan visualisasinya dibuat ringan agar mudah dinikmati penonton.

Terlanjur Cinta menambah panjang jumlah sinetron yang ditayangkan SCTV. Stasiun televisi ini tampaknya ingin mempertegas posisinya sebagai pemutar sinetron nomor satu di Indonesia. (BSW)

Menciptakan Trio-trio

Dream Girls, nama program televisi yang diluncurkan stasiun televisi Global ini mengingatkan pada film Dreamgirls (2006) yang dibintangi Beyoncé Knowles, Jennifer Hudson, dan Lorrell Robinson. Semangat program ini lebih kurang sama dengan cerita di film.

Dream Girls adalah program pencarian bakat menyanyi dengan sasaran kaum ibu dari berbagai profesi, dengan syarat sudah atau pernah menikah dan berusia antara 19 tahun dan 45 tahun. Para ibu ini juga harus memiliki kemampuan vokal berkualitas dan berpenampilan menarik. Para peserta ini nantinya akan dibentuk menjadi trio atau kelompok vokal berawak tiga orang.

Tujuan acara ini, menurut Direktur Utama Global TV Daniel Hartono, adalah memberi kesempatan kepada ibu-ibu muda untuk menyalurkan bakat menyanyi. Menjadi ibu bukan berarti tidak lagi mempunyai kesempatan.

Audisi telah dilakukan di enam kota, yakni Bandung (diikuti oleh 1.329 peserta), Yogyakarta (671 peserta), Surabaya (787 peserta), Medan (633 peserta), Manado (315 peserta), dan terakhir Jakarta (1.412 peserta).

Penyanyi Maia Estianty, Dewiq, dan Agus Wisman akan menjaring para peserta itu, "diperas" menjadi dua kelompok trio dari masing-masing kota. Dua kelompok trio itu akan diadu lagi di Jakarta. Selama masa karantina, para finalis akan dibimbing oleh Lita Zein (pelatih vokal), Irvan Mirza Natadiningrat (penggubah vokal), dan Ferdinand (koreografer).

Saat ini dewan juri sedang berembuk memastikan siapa finalis Dream Girls yang akan dinobatkan menjadi "The Next Trio Diva". (IVV)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/03/22/02321253/kronik.televisi

Tidak ada komentar: