05 Februari 2009

Uji Bakat Lewat Mendadak Artis

Program ini diharapkan dapat memberi peluang bagi pesertanya untuk mengembangkan diri.


Setelah KDI, API, DAI, Langsung Beken, dan Dangdut Mania Dadakan (DMD), TPI kembali menggelar program pencarian bakat. Mendadak Artis, begitulah nama yang diberikan untuk program yang tayang mulai Kamis (29/1) lalu itu. Seterusnya, program ini dapat disaksikan secara live setiap Kamis pukul 20.00 WIB.

''Kami berharap, program ini, seperti program pencarian bakat milik TPI lainnya, bisa memberi kesempatan bagi pesertanya untuk mengembangkan diri sesuai bakat yang mereka miliki,'' tutur Artine S Utomo, chief executive officer TPI, Rabu (28/1).

Menurut Artine, di ajang ini pihaknya akan mengubah penampilan para peserta yang memiliki bakat akting, menyanyi dan menari secara maksimal sehingga lebih matang dan siap untuk memasuki dunia hiburan. Program ini, menurutnya, merupakan kerja sama TPI dengan sebuah perusahaan manajemen artis, Contoh Management, pimpinan Benny Simanjuntak. Benny pula, kata Artine, yang akan memimpin dewan juri. Sementara juri lainnya adalah Priyo Oktaviano (desainer), Oddie Agam (musisi senior) serta seorang juri dari TPI.

Program ini, menurut Benny, merupakan peluang yang sangat baik bagi kawula muda yang memiliki bakat akting, menyanyi dan menari. ''Peserta yang lolos audisi akan memperoleh pembelajaran untuk menjadi artis. Akan dilakukan make over fisik dan psikis secara habis-habisan, termasuk juga kepribadian,'' jelas Benny.

Untuk mengikuti program ini, para peserta mesti memenuhi beberapa syarat, yaitu berkewarganegaraan Indonesia, berusia 16-25 tahun, memiliki tinggi badan proporsional, serta memiliki kemampuan dasar menyanyi, menari dan akting.

Terpilih 10 finalis
Saat ini, audisi Mendadak Artis telah usai digelar di tiga kota yakni Jakarta, Medan dan Surabaya. ''Setelah melewati rangkaian audisi yang panjang, 10 orang finalis telah terpilih,'' ungkap Theresia Ellasari, Humas TPI.

Para finalis itu, lima di antaranya berasal dari Jakarta, dua dari Medan dan tiga dari Surabaya. Mereka yang mewakili kota audisi Jakarta adalah R Rina Aprilianti (April), Rr Nirmala Sasti Maharani (Sasti), Windy Yunita B (Windy), Anita Ayu Carolina (Carol) dan Bram Jackster (Bram). Wakil dari kota audisi Medan adalah Teguh Satria (Tesar) dan Jeremia L Tobing (Jerry). Sedangkan Dewi Januari SR (Deris), Maranti Yunita Wijayanti (Maranti) dan Dwi Arini Widiyas Tutik (Diyas) mewakili kota audisi Surabaya.

Saat ini para kontestan telah berkumpul di Jakarta dan akan mengikuti masa karantina selama tiga bulan. ''Mereka akan tampil dalam tayangan Mendadak Artis yang dipandu Eko Patrio dari studio 3 TPI. Pada setiap episodenya peserta diminta tampil dengan menyanyi, menari dan menjajal kemampuan aktingnya,'' terang Ella.

Para peserta juga akan digali kemampuan serta kesiapannya untuk menjadi selebriti oleh tim juri. Setiap pekan, satu per satu kontestan akan dieliminasi berdasarkan pilihan tim juri hingga tersisa dua kontestan terbaik. ''Namun, delapan kontestan yang telah tersisih tetap dikarantina untuk memperoleh pelatihan guna memperbaiki penampilan dan mengasah skill mereka secara total,'' ungkap Ella.

Tak berhenti sampai di sini. Pada putaran kedua, delapan kontestan yang telah diperbaiki kemampuan dan penampilannya akan diadu kembali dengan dua kontestan terbaik di putaran pertama. Nah, di putaran kedua ini, ada satu kontestan yang akan tereliminasi setiap minggunya. Tereliminasi atau tidaknya seorang kontestan tergantung pada jumlah polling SMS pemirsa serta penilaian juri.

Pada program ini, ada pula yang disebut babak eksplorasi. Di sini, sisi kehidupan para peserta akan diangkat. Untuk menunjang dan menguatkan eksplorasi, akan dimunculkan memorabilia peserta, testimonial serta kehadiran orang-orang terdekat. ''Akan ditayangkan pula rekaman keadaan peserta sebelum dan sesudah 'berubah' serta rekaman kegiatan keseharian peserta selama berada di karantina,'' jelas Ella. rusdy nurdiansyah

http://www.republika.co.id/koran/43/29434/Uji_Bakat_Lewat_I_Mendadak_Artis_I

1 komentar:

www.putraceh.com mengatakan...

assalamualaiku
mau tau ni
apa stasiun televisi kita akan mengadakann lagi kontestan dai khususnya bagi kawula muda yang punya bakat dalam dunia dakwah.

padahal begitu banyak yang mendukung acara ini, e malah udah kagak ada.

kapan dong dibuat lagi acara dai?