03 Januari 2009

KRONIK TELEVISI, Khotbah Lewat Sinetron

Minggu, 4 Januari 2009 - Sinetron religi biasanya muncul menjelang atau selama bulan Ramadhan. Namun, TPI justru meluncurkan sinetron religi pada pertengahan Desember ketika orang siap-siap menyambut tahun baru.

Sinetron tersebut berjudul Mushola Pak Lukman. Tokoh sentral sinetron itu memang Pak Lukman yang dimainkan Ustaz Yusuf Mansyur. Pak Lukman digambarkan sebagai ustaz yang rajin beribadah, lucu, dan ramah. Dia disukai umat karena sering menasihati lewat kisah-kisah sufistik sehingga tidak terkesan menggurui.

Di sekitar Pak Lukman, ada tiga anak muda, yakni Dion, Uut, dan Buyung, yang dimainkan Trio Laskar, grup lawak jebolan Audisi Pelawak TPI 4. Mereka dipersatukan sebuah mushala. Di mushala itulah mereka menyelesaikan berbagai persoalan umat.

Mushola Pak Lukman yang ditayangkan setiap Selasa dan Kamis sejak 19 Desember 2008 mengingatkan kita pada sinetron Para Pencari Tuhan yang ditayangkan SCTV pada bulan Ramadan 2007 dan 2008. Tokoh utama Para Pencari Tuhan adalah Bang Jack (Deddy Mizwar), seorang marbot mushala. Di sampingnya, ada tiga anak muda mantan narapidana, yakni Chelsea, Barong, dan Juki.

Ketiga anak muda itu "kebetulan" juga dimainkan grup lawak Bajaj, yakni Melki, Aden, dan Isa. Keempat orang itu juga dipersatukan oleh sebuah mushala. (BSW)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/01/04/01563397/kronik.televisi

Tidak ada komentar: