20 Desember 2008

Televisi Berebut Pemirsa dengan Film Lokal

DOKUMENTASI MNC / Kompas Images
Acara musik menyambut Natal 2008 di RCTI.

Minggu, 21 Desember 2008

Budi Suwarna

Sejumlah stasiun televisi menyiapkan film Indonesia terbaru untuk merebut pemirsa selama liburan Natal 2008 dan Tahun Baru 2009. Tahun-tahun sebelumnya, sesama stasiun televisi cenderung "bertarung" dengan senjata film-film Hollywood.

SCTV menyiapkan enam film layar lebar, yakni Oh Baby, Tarix Jabrix, Quicky Express, Best Friend, Get Married, dan Namaku Dick. Kecuali Get Married, film-film itu diproduksi tahun 2008. "Kami memilih film-film nasional yang masa tayangnya di bioskop belum lama habis," ujar Budi Darmawan, Senior Manajer Humas SCTV, Jumat (19/12).

Budi menjelaskan, daripada memutar film Hollywood, SCTV lebih memilih menayangkan film nasional untuk libur Natal dan Tahun Baru. Pertimbangannya, film Hollywood terbaru harganya meroket seiring melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

"Padahal, kami harus membeli film Hollywood dalam bentuk paket. Dari 10 film, yang bagus paling 1-2 film," ujarnya.

Dia menyebutkan, harga satu film Hollywood bisa mencapai Rp 600 juta. "Uang sebesar itu bisa digunakan untuk membeli beberapa film nasional terbaru," ujar Budi yang tidak bersedia menyebut harga satu film lokal.

SCTV menayangkan Oh Baby, Tarix Jabrix, dan Quicky Express pada 31 Desember 2008 masing-masing pukul 18.00, 20.00, dan 22.00. Pada 1 Januari 2009, SCTV memutar Best Friend, Get Married, dan Namaku Dick masing-masing pukul 18.00, 20.00, dan 22.00.

SCTV akan bersaing dengan RCTI, TPI, dan antv yang juga memutar film lokal terbaru. RCTI memasang dua film nasional produksi tahun 2008, yakni Claudia/Jasmine pada 1 Januari pukul 22.30 dan Summer Breeze pada 30 Desember pukul 22.30.

TPI memutar film keluaran tahun 2008, yakni Tali Pocong Perawan pada 1 Januari pukul 21.30. Selain itu, TPI menyiapkan film "setan-setanan" laris lainnya, seperti Mirror dan Bangku Kosong pada 2 dan 3 Januari. Stasiun antv juga memutar film "setan-setanan", yakni Kuntilanak (1 hingga 3) masing-masing tanggal 26, 27, dan 28 Desember pukul 22.00.

Jika melihat jadwal pemutarannya, pertarungan ketat untuk memperebutkan penonton film lokal di televisi akan terjadi pada 1 Januari antara pukul 20.00 dan 22.30. Pada saat itu, SCTV, RCTI, dan TPI memutar film lokal yang waktunya bersinggungan.

Selain film nasional, RCTI tetap menayangkan film Hollywood bernuansa Natal, seperti yang mereka lakukan setiap tahun. Film yang disiapkan antara lain Jingle All The Way, Home Alone (1 hingga 4), dan film serial Doraemon.

"Kami tetap menayangkan film Hollywood karena itu sudah identik dengan program Natal dan Tahun Baru RCTI," ujar Direktur Program RCTI Harsiwi Achmad, Jumat.

RCTI kemungkinan akan bersaing dengan Global TV, Trans TV, dan Trans7 yang juga memutar film-film Hollywood.

Musik spesial

Di luar film, sejumlah stasiun televisi akan bersaing melalui program musik spesial. Pada puncak malam Natal, RCTI menyiapkan acara Indah Rencana-Mu. Selanjutnya, RCTI menggelar Mega Konser Duet Super Band yang menghadirkan grup band Nidji dan D'Masiv. Acara itu ditayangkan secara langsung dari Pantai Karnaval Ancol tanggal 29 Desember.

Pada malam pergantian tahun, RCTI menggelar Mega Konser Super Band 2008/2009 yang menampilkan empat grup band, yakni Ungu, Peterpan, The Changcuters, dan Kangen Band.

Acara musik spesial itu merupakan jualan utama RCTI untuk pergantian tahun kali ini. "Kami optimistis bisa merebut pemirsa karena enam band papan atas di Indonesia ada di tangan kami," kata Harsiwi.

Dua "saudara" RCTI, Global dan TPI, juga menyiapkan acara musik spesial. TPI yang identik dengan musik dangdut menggelar Nyantai Bareng Bang Rhoma menjelang pergantian tahun. Acara yang juga menampilkan penyanyi dangdut senior Rita Sugiarto dan Ike Nurjanah itu akan ditayangkan langsung dari Ancol.

Global TV akan berusaha membuat anak-anak muda generasi MTV tidak berpaling ke stasiun televisi lain dengan menggelar MTV Music Spesial Akhir Tahun tanggal 26 Desember.

SCTV mencoba merebut perhatian dengan Musik Spesial pada 26 Desember malam. Acara itu menampilkan Agnes Monica dan grup band Krispatih. Sementara itu, antv menghadirkan Slank sebagai bintang tamu sketsa komedi Tawa Sutra XL.

http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/12/21/01523568/berebut.pemirsa.dengan.film.lokal

Tidak ada komentar: