28 Oktober 2008

Refund Astro Tunggu Pemegang Saham

[ Rabu, 29 Oktober 2008 ]  - Sebanyak 36 ribu pelanggan Direct Vision (DV) hingga kini belum mendapatkan dana pengembalian (refund) dari Astro TV. Padahal, televisi berlangganan dari Malaysia itu sudah menyiapkan refund sebesar USD 1,4 juta. Namun, hingga kemarin (28/10) dana tersebut belum juga dikucurkan.

"Dana sudah siap USD1,4 juta dan akan segera dieksekusi ke pelanggan. Namun eksekusi tersebut masih menungu persetujuan dari pemegang saham, " ujar Senior Corporate Affair PT Direct Vision, Halim Mahfudz di kantornya kemarin. Saat ini pemegang saham DV adalah Ayunda Prima Mitra (49 persen) yang merupakan anak usaha PT First Media Tbk, dan Silver Concorde Holding Limited (51 persen). Keduanya merupakan entitas perusahan milik Lippo Group.

Sebelumnya, PT DV berjanji akan mengembalikan dana berlangganan yang sudah dibayar di muka dalam jangka waktu 30 hari ke depan, sejak Astro tak beroperasi pada 20 Oktober lalu. PT DV harus mengembalikan dana milik 36 ribu pelanggan dari total jumlah pelanggan sebanyak 98 ribu. Jumlah itu turun drastis dibanding akhir tahun 2007 sebanyak 145 ribu pelanggan. "Yang dibayar adalah mereka yang sudah membayar di muka untuk tiga bulan, enam bulan hingga satu tahun," tegasnya.

Mahfudz mengatakan, manajemen DV sudah menyurati dua pemegang sahamnya sejak 20 Oktober untuk menyelesaikan masalah refund tersebut. Namun, hingga kini belum ada konfirmasi dari pemegang saham. Dia juga tak tahu tahu sampai kapan dana refund tersebut akan tertahan. "Saya tidak bisa memastikan juga, tapi sesuai komitmen maksimal 30 hari," terangnya.

PT DV sudah tidak mendapat suntikan dana dari pemegang saham sejak Mei 2008. Oleh sebab itu semua biaya operasional ditanggung PT DV, termasuk dana refund yang diambilkan dari kas perusahaan.(wir/bas) http://www.jawapos.com/

Tidak ada komentar: