27 Mei 2008

Lelang Proyek TVRI Diumumkan Koran Edisi Terbatas

27/05/08 15:54 Jakarta (ANTARA News) - Pengumuman lelang pengadaan peralatan di Perjan TVRI senilai Rp11,8 miliar pada tahun 2002 ternyata hanya dimuat di harian Republika edisi terbatas yakni hanya 50 eksemplar saja.


Direktur Pidana Korupsi dan White Collar Crime Mabes Polri Brigjen Pol Yose Rizal di Jakarta, Selasa, mengatakan, pemuatan lelang proyek semacam ini merupakan modus baru dalam korupsi yang ditemukan oleh Polri.

"Seolah-olah ada tender proyek, padahal sebenarnya tidak ada tender. Yang ada penunjukan langsung," katanya.

Ia mengatakan, koran sebanyak 50 eksemplar itulah yang dipakai untuk administrasi pelelangan barang.

"Iklan edisi terbatas itu dimuat di halaman 8 Harian Republika pada 7 Oktober 2002. Di edisi terbatas, termuat iklan lelang proyek namun edisi untuk masyarakat umum tidak memuat iklan ini. Iklan tender diganti dengan iklan jasa ibadah umroh," kata Rizal.

Polisi pun telah meminta keterangan dari harian Republika terkait dengan pemasangan iklan itu.

Dalam kasus ini, Polri telah menahan mantan Dirut TVRI Sumita Tobing setelah ditetapkan sebagai tersangka.

Kasus ini diduga merugikan negara Rp5,2 miliar sebab proyek diduga telah digelembungkan dari nilai yang sebenarnya yakni Rp6,4 miliar.

Dalam kasus ini, Polri menemukan berbagai pelanggaran dalam lelang yakni menunjuk langsung Ketua Panitia Lelang, padahal seharusnya menjadi kewenangan Direktur Keuangan Perjan TVRI.

Proses pengadaan proyek juga tanpa persetujuan direksi lainnya. Ini bertentangan dengan PP No 36 tahun 2000 tentang Perjan TVRI.

Sumita pun juga telah dicekal ke luar negeri terhitung mulai 26 Mei 2008 atau sejak ia ditangkap Polri setelah ditetapkan sebagai tersangka.

Yose menyatakan, dalam kasus ini, baru Sumita yang menjadi tersangka namun jumlah tersangka bisa jadi bertambah karena pemeriksaan masih terus berjalan.

"Korupsi kan tidak bisa sendiri dan selalu ada orang lain yang terlibat juga. Itu nanti saja," katanya. (*)

Tidak ada komentar: