26 Mei 2008

BBM Naik, Honor Maia Tidak Naik

Maia Estianty

KENAIKAN harga BBM sejak 24 Mei 2008 tak hanya membuat sopir angkutan umum, buruh, dan ibu rumah tangga khawatir. Artis juga ikut was was. Buntut-buntutnya mereka diam-diam ingin juga menaikkan honor. Seperti artis Luna Maya yang memang berencana menaikkan tarifnya, tetapi tidak mau pukul rata.

"Kalau ditanya ingin naik apa tidak, tentu ingin dong. Tetapi sejauh ini masih dalam batas normal. Takutnya nanti kalau ikutan naik, tidak dipakai lagi," ujarnya saat ditemui di Shangri-La Hotel, (25/5). Baginya yang penting sekarang adalah meningkatkan penghasilan supaya semua dampak dari kenaikan BBM bisa ditutup.

Permintaan kenaikan honor ini memang tidak terang-terangan karena menyangkut job jangka panjang. Jika honor ikut melambung 28 persen (sesuai prosentase kenaikan harga BBM), hitung saja penghasilan Luna Maya yang menurut beberapa sumber sekitar Rp 40 juta. Atau Maia Estianty dan Mey Chan yang sekali manggung memasang harga sekitar Rp 80 juta. Untunglah, Maia sepakat tidak menaikkan harga. "Nggaklah. Kita juga sudah mahal jadi nggak usah naik deh," kata Maia.

Maia tak menampik masalah BBM berpengaruh pada aktivitasnya. Untuk kendaraan operasional saja, ibu dari Al, El, dan Dul itu menggunakan mobil ber-cc besar. "Jadi ya kita lebih irit-irit aja," imbuh Maia.

Tetapi beberapa artis yang harus menjalani syuting sinetron kejar tayang mengaku sangat berharap ada kenaikan pendapatan. Paling tidak untuk biaya akomodasi ditambah, karena menaikkan honor pada saat sulit seperti ini tidak mungkin. Kalau ngotot minta tambah honor, bisa-bisa mereka didepak dari production house.

Jurus bertahan untuk tidak mengutak-atik besaran honor menjadi jitu untuk beberapa artis seperti inul Daratista, Dorce Gamalama, dan Tukul Arwana. Mereka sepakat untuk memberlakukan honor seperti yang sudah diketahui masyarakat selama ini. "Meski nanti tagihan listrik, air, telepon membengkak berkait kenaikan BBM, rasanya kurang pas kalau kita sodorkan kenaikan honor pada pihak pengundang," kata Adam Suseno, manajer sekaligus suami Inul Daratista kepada Surya, Senin (26/5) malam.

Alasannya, menurut Adam, manajemen Inul Daratista tak ingin membuat masyarakat jera. "Masalahnya, dari dulu jadwal show Inul naik turun, kadang-kadang padat sekali, tetapi kadang-kadang juga sedikit. Jadi kita patok yang wajar aja biar rezeki terus mengalir," ungkap Adam yang ketika dihubungi lewat ponselnya sedang mendampingi Inul show di Nabire, Papua.

Informasi yang dikumpulkan Surya, saat ini honor show Inul Daratista berkisar Rp 50 juta. Itu di luar tiket pesawat untuk tiga orang plus dua kamar hotel.

Dihubungi terpisah, Dorce menyatakan, materi yang kini diperoleh dari hasil kerja kerasnya sejak 38 tahun silam sudah lebih dari cukup. Karena itu, host acara Dorce Show (Trans TV) ini merasa tak ada alasan untuk menumpuk materi dengan ikut-ikutan menyodorkan honor lebih besar dari sebelumnya. "Tetapi, kalau ada panitia yang memberi lebih, saya tentu sangat berterima kasih," ujar Dorce.

Meski harga barang kebutuhan ikut merangkak seiring kenaikan BBM, baik Inul, Dorce maupun Tukul tak ingin memperparah keadaan dengan menaikkan angka honor yang mesti dibayar panitia pengundang. "Jangan mahal-mahal nanti malah nggak ada yang pake!" kata Tukul yang lagi berbunga-bunga lantaran anak keduanya lahir dengan selamat, Rabu (21/5) lalu.

"Zaman sekarang ojo polah-polah. Ada rezeki disyukuri," imbuh Dorce. Sebagai pekerja seni, Dorce tetap akan tampil maksimal. "Soal kepuasan itu kan nggak bisa dinilai dengan materi. Karena itu, kadang-kadang saya terima honor sampai Rp 80 juta. Itu karena panitia merasa puas dengan pentas yang saya suguhkan," bebernya.

Dorce kabarnya mematok harga show tak jauh beda dengan Inul Daratista. Namun, tiket pesawat yang diminta hanya untuk dua orang. Sedang Tukul, honor pentas yang ditawarkan masih berkisar Rp 20 juta.
"Semua bergantung event yang akan kita isi. Kita tentu tak bisa menyodorkan harga mahal jika paket acaranya malam amal. Harga jadi beda bila kita diminta tampil untuk launching produk atau wedding (pernikahan)," ungkap Adam Suseno. pra Sumber : Surya

http://www.kompas.com/index.php/read/xml/2008/05/27/09491323/bbm.naik.honor.maia.tidak.naik

Tidak ada komentar: