10 Juli 2010

Menkominfo: Infotainment Mesti Berbenah

Sabtu, 10 Juli 2010 | 01:33 WIB
PURI YUANITA
Forum Diskusi "Infotainment = Ghibah?" diadakan di Kantor DPP PPP, Jakarta Pusat, Selasa (12/1/2010).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring meminta para pekerja infotainment memperbaiki tayangannya dengan memberikan kabar yang berimbang dan tidak provokatif.

"Saya mengimbau supaya memberikan berita yang berimbang," kata Tifatul setelah peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW tahun 1431 Hijriyah di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (9/7/2010) malam.

Infotainment adalah kependekan dari information and entertainment, program berita mengenai dunia hiburan dan selebritas. Tifatul mengatakan hal itu ketika diminta tanggapan tentang salah satu hasil rapat koordinasi nasional Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di Bandung yang menyatakan infotainment sebagai tayangan bukan berita.

KPI melontarkan wacana itu terkait banyaknya pengaduan masyarakat yang kecewa dengan tayangan infotainment. Sebagian besar laporan itu menyatakan infotainment bertentangan dengan prinsip-prinsip jurnalistik.

Awalnya, infotainment masuk dalam kategori berita. Namun, KPI akhirnya menemukan berbagai bentuk pelanggaran prinsip jurnalistik dalam setiap tayangannya.

Oleh karena itu, rapat koordinasi nasional KPI memunculkan wacana bahwa infotainment bukan berita. Rencananya, KPI akan bertemu dengan Dewan Pers untuk membahas hal itu.

Tifatul menjelaskan, sikap KPI adalah sikap sebuah lembaga yang tentu didasarkan pada penelitian yang mendalam. Dia mempersilakan KPI untuk terus menangani hal itu, asal sesuai dengan aturan yang berlaku. "Pemerintah tidak bisa turut campur ke dalam KPI," kata Tifatul.

Politisi PKS itu meminta infotainment mengartikan rekomendasi KPI itu sebagai bahan untuk memperbaiki diri.

Menurut dia, infotainment harus memenuhi kaidah jurnalistik jika ingin disebut sebagai tayangan faktual atau berita. "Jangan sikapnya dalam tanda kutip mengadu domba, jangan memprovokasi," katanya. Editor: yuli   |   Sumber : ANT

TERKAIT:



http://nasional.kompas.com/read/2010/07/10/01330535/Menkominfo:.Infotainment.Mesti.Berbenah

Tidak ada komentar: