25 April 2010

TMC Polda Luncurkan Twitter

Masyarakat Bisa Memberi Info

Jakarta, Kompas - Untuk lebih memberikan layanan informasi lalu lintas kepada masyarakat selama 24 jam sehari, Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya, Minggu (25/4) pagi, meluncurkan akun Twitter Metro Community.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Condrokirono menyatakan, keikutsertaan lembaganya ke akun Twitter karena menilai akun itu bisa menjadi media efektif untuk menyampaikan informasi terkait lalu lintas di Jakarta secara singkat dan cepat.

Acara peluncuran Twitter Metro Community (TMC) berlangsung meriah. Hadir dalam acara tersebut Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Wahyono, dan Jaya Suprana yang memberi penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia. Alasan Jaya Suprana memberikan penghargaan adalah Ditlantas Polda Metro Jaya merupakan komunitas kepolisian di dunia pertama yang memanfaatkan Twitter.

Mengingat sifat informasi cepat, tetapi harus akurat, polisi mengerahkan anggotanya untuk terus memberi data terbaru.

"Pembaruan data didukung operator di lapangan dan 4.300 anggota," kata Condrokirono. TMC sebenarnya dirintis sejak tiga bulan lalu dan kini memiliki 41.000 follower.

Akun itu memberi layanan kondisi terkini lalu lintas di Jakarta dan memberikan informasi bagi pengguna jalan yang datang dari luar Jakarta. Masyarakat dapat bertanya, sekaligus memberikan informasi soal situasi lalu lintas yang mereka ketahui.

Layanan lain yang bisa diperoleh dari TMC adalah wilayah banjir, kejadian kecelakaan, serta lokasi aksi demonstrasi atau bencana alam lain di Jakarta. Pihak Ditlantas Polda Metro Jaya berencana terus memperluas layanan bagi masyarakat, sekaligus menggunakan Twitter sebagai sarana untuk mendidik warga Ibu Kota taat berlalu lintas.

Kerja sama antarpolda

Dalam waktu dekat, Polda Metro Jaya akan memperbarui kamera CCTV di wilayah Gadog, Puncak, Jawa Barat. Condrokirono berharap, jalinan kerja sama dengan Polda Jawa Barat kelak mampu memberikan informasi mengenai kondisi lalu lintas menuju dan dari Puncak yang kerap macet pada akhir pekan atau saat liburan panjang termasuk kondisi cuaca di sana.

Artis Asti Ananta, salah seorang pengikut Komunitas TMC, menyambut baik langkah Ditlantas Polda Metro Jaya. Asti menyatakan, sejak akhir tahun dia aktif mengikuti TMC.

Beberapa keuntungan yang dia peroleh antara lain mengetahui informasi wilayah yang macet atau banjir sehingga itu dapat membantunya menunaikan aktivitas sehari-hari. (TRI) - http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/04/26/03224385/tmc.polda.luncurkan.twitter

Tidak ada komentar: