08 Februari 2010

Tifatul: Pers Harus Berimbang dan Santun

Palembang - Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, mengatakan pertumbuhan pers saat ini sangat pesat. Dia berharap penyajian berita atau informasi memenuhi azas keseimbangan.

Pernyataan Tifatul itu disampaikan pada acara Konvensi Media 2010 pada Hari Pers Nasional (HPN) ke-64 di Hotel Swarna Dwipa, Jalan Tasik, Palembang, Senin (08/02/2010).

Tifatul juga mengatakan dalam penyampaian informasinya, pers sangat cepat dengan durasi waktu yang sangat singkat. Bahkan di era global saat ini pers menjadi memberikan pengaruh yang signifikan. Namun, Di sisi lain, dalam menjalankan profesinya, tentu saja pers sangat rentan dengan persoalan hukum, karenanya tuntutan dan pertikaian dapat dilakukan dengan UU Pokok Pers.

Di sisi lain, di hadapan sekitar 800 peserta diskusi, Tifatul juga meminta pers harus balance dalam menyampaikan informasi. Selain itu, masyarakat sebagai sebagai konsumen media juga harus mengonsumsi informasi yang seimbang.

"Pers memberikan kekuatan untuk memberikan persepsi kepada masyarakat. Maka diperlukan bahasa yang santun sehingga pembaca akan lebih mengikutinya," kata Tifatul. (tw/djo) - http://www.detiknews.com/read/2010/02/08/145916/1295229/10/tifatul-pers-harus-berimbang-dan-santun

Tidak ada komentar: