26 September 2009

Dewan Pers: "Menembus Markas OPM" Metro TV Masih dalam Koridor Jurnalistik

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, siang tadi (17/9) mengadakan pertemuan dengan Dewan Pers sehubungan dengan surat yang dilayangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika yang meminta KPI memberikan teguran atas program Inside di Metro TV yang berjudul "Menembus Markas OPM".

Hadir dalam pertemuan, Sasa Djuarsa Sendjaja (Ketua KPI Pusat), S.Sinansari ecip (Komisioner bidang Kelembagaan), Sabam Leo Batubara (Dewan Pers), Abdullah Alamudi (Dewan Pers), Bekti Nugroho (Dewan Pers).

Dalam surat Menkominfo kepada KPI dijelaskan, acara tersebut menayangkan pengibaran Bendera Bintang Kejora oleh Tentara Nasional Papua (TNP) Organisasi Papua Merdeka yang diselingi pernyataan-pernyataan dari Thodius Jhony Magayogi (Panglima Makodam IV Paniai) yang menolak otonomi khusus dan berjuang untuk merdeka.

Penayangan acara tersebut dinyatakan dapat menimbulkan dampak-dampak negatif terutama dalam kerangka persatuan nasional yang dapat mendorong Indonesia ke jurang disintegrasi yang merugikan NKRI. Selain itu, juga bisa menjadi wahana propaganda yang membangkitkan semangat masyarakat asli Papua dan pilar-pilar rakyat papua untuk memisahkan diri dari NKRI.

Menurut anggota Dewan Pers yang hadir, dilihat secara keseluruhan, tidak ada yang salah dengan acara tersebut dari sisi jurnalistik dan Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS). Menurut mereka acara tersebut masih dalam koridor jurnalistik, yang disampaikan adalah fakta, dan menjadi informasi bagi pemerintah bahwa masih terdapat masalah di negeri kita.

Walupun begitu, menurut Bekti Nugroho (Dewan Pers), terdapat ketidakseimbangan dalam acara tersebut, karena hanya melihat dari satu sisi saja yaitu Organisasi Papua Merdeka (OPM). Tetapi menurut Sasa Djuarsa Sendjaja peliputan seperti itu bisa dilakukan hanya saja harus ada acara lain yang meliput dari sisi lain dalam hal ini pemerintah.

Sebagai tindaklanjutnya, agar tidak terjadi tayangan-tayangan seperti ini yang dapat memicu hal-hal yang tidak diinginkan, maka KPI dan Dewan Pers sepakat akan mengadakan pertemuan pada bulan Oktober dengan pihak Lembaga Penyiaran dan Depkominfo.- kpigoid 17092009

Tidak ada komentar: