07 April 2010

100.000 Mengakses Dakode "Kompas"

Jakarta, Kompas - Jumlah pengakses dakode atau QR code Harian Kompas menembus angka 100.000. Sejak diluncurkan pada Juni 2009, trafik data melalui dakode Kompas terus meningkat rata-rata 20 persen per bulan.

Demikian disampaikan vendor dakode, Serious Software Sdn Bhd, dalam siaran pers yang diterbitkan pada hari Rabu (7/4) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Chief Executive Officer of Serious Group John Fong mengatakan, peningkatan jumlah pengakses dakode Kompas membuktikan bahwa pengguna internet melalui telepon seluler (ponsel) semakin populer di Indonesia.

"Dakode menyediakan fasilitas bagi para penerbit untuk melakukan apa yang mereka inginkan tanpa khawatir dengan kerumitan untuk mengurusi sistem teknologi dan informasi. Dengan mengombinasikan antara tracking yang kuat dan management tool lainnya, pengiklan dapat menganalisis dan mendapatkan tanggapan balik dari kampanye iklan mereka," papar Fong.

Informasi tambahan

Deputy Director of Business Kompas Cetak Edi Taslim mengatakan, statistik pengunjung dakode Kompas menunjukkan bahwa pembaca Kompas secara konsisten menggunakan QR code untuk memperbanyak perolehan informasi. Selain itu, mereka juga antusias berinteraksi dengan awak redaksi Harian Kompas.

Edi juga menjelaskan bahwa dakode dapat meningkatkan nilai tambah bisnis kepada para pemasang iklan. "Sekarang Kompas cetak menjadi interaktif dan kami bisa memberikan informasi terkini dari editorial redaksi, termasuk membantu para pemasang iklan kami untuk mengumpulkan tanggapan mengenai iklan mereka," tutur Edi.

QR code adalah sebuah kode matriks atau barcode dua dimensi yang diciptakan perusahaan Jepang, Denso-Wave, tahun 1994. Kata QR, kependekan dari quick response, sesuai tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dan respons dengan cepat.

QR code berfungsi sebagai "jembatan" antara konten cetak dan konten online. Kode ini juga memungkinkan pembaca berinteraksi dengan media yang di-dakode melalui ponsel secara efektif dan efisien. (BOY) http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/04/08/04234127/100.000..mengakses.dakode.kompas

Tidak ada komentar: