08 Agustus 2009

Sejumlah Media Asing Sudah Beritakan Noordin M Top Tewas

Laurencius Simanjuntak - detikNews

Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) belum memastikan identitas tersangka teroris yang tewas dalam penyerbuan di Temanggung, Jawa Tengah. Namun, sejumlah media asing sudah memberitakan Noordin M Top lah yang tewas dalam penyergapan selama 17 jam itu.

Misalnya saja Aljazeera.com yang memberitakan Indonesia Believes Noordin Mohammed Top Dead, Sabtu (8/8/2009).

"Tersangka otak teroris teroris Asia Noordin Mohammed Top dilaporkan terbunuh, Sabtu, dalam sebuah hujan tembakan di tempat persembunyiannya di Indonesia setelah pengepungan selama 17 jam oleh polisi khusus," tulis Aljazeera yang diposting pukul 12:54:15 PM GM.

Sementara itu, The Straitstimes, memberitakan dengan judul lantang: Noordin Top is dead. Media Singapura itu mengutip salah satu stasiun TV di Indonesia.

"Metro TV melaporkan tersangka teroris Asia Noordin Mohammed Top terbunuh dalam sebuah penyergapan di tempat persembunyiannya oleh polisi antiteror di Indonesia, Sabtu," tulis The Straitstimes di awal berita.

Hal senada juga dilakukan Reuters dengan Indonesia believes top militant dead, thwarts attack dan AFP dengan Top Islamic terror suspect killed in Java siege: TV.

Padahal, dalam jumpa pers di Mabes Polri, Sabtu (8/8/2009) sore Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri belum bisa memastikan tersangka teroris yang tewas di Temanggung itu adalah gembong teroris Noordin M Top.

"Kita belum bisa memastikan siapa yang bersangkutan karena semua harus dipertanggungjawabkan secara yuridis," kata Bambang Hendarso.

Bambang Hendarso menjelaskan, Polri baru akan mengumumkan siapa teroris yang tewas di Temanggung setelah melakukan tes DNA.

"Nanti kalau sudah ada hasilnya kita baru akan umumkan," ujarnya. (lrn/nov)
http://www.detiknews.com/read/2009/08/09/012803/1179971/10/sejumlah-media-asing-sudah-beritakan-noordin-m-top-tewas

Tidak ada komentar: