01 Agustus 2009

KRONIK TELEVISI Minggu, 2 Agustus 2009

Mansoor "Gokil"

Seluk-beluk kehidupan di rumah susun (rusun) sudah sering diangkat ke layar televisi atau film. Kali ini, TPI mencoba mengangkatnya lagi melalui sinetron komedi berjudul Mansoor La Gokilun yang tayang dari Senin hingga Kamis malam.

Sebagaimana judulnya, kisah sinetron ini berpusat pada tokoh Mansoor yang pelit, maunya selalu untung, agak culas, berlagak, tapi takut istri. Dari sini, cerita bisa merambat ke mana-mana.

Sehari-hari, Mansoor bekerja sebagai petugas satuan pengamanan (satpam) di sebuah toko tekstil. Meski begitu, setiap berangkat kerja, Mansoor tampil perlente agar orang menganggapnya bos. Sesampai di tempat kerja, dia mengganti pakaiannya dengan seragam satpam.

Di lingkungan rusun, Mansoor adalah ketua RT. Dia menikmati betul peran ini bukan karena dia bisa mengabdi kepada masyarakat, melainkan dia bisa mengutip uang dari warga. Jika ada warga yang mengurus KTP, Mansoor minta uang.

Namun, untuk urusan membayar sumbangan, Mansoor pelitnya minta ampun. Dia memilih kabur daripada harus membayar. Perilaku Mansoor dan konflik dengan sesama penghuni rusun inilah yang dieksploitasi sutradara untuk memancing tawa. Ini bisa kita lihat pada episode "Gusur La Sikat Mundur", "Ngobyekin La Suratun", "Mansoor La Raja Beken". (BSW)

Tentang Dunia

Setelah sukses dengan Bocah Petualang (Si Bolang), Trans7 menayangkan kisah petualangan lain, yakni Dunia Air dan Dunia Binatang. Sebagaimana Si Bolang, dua program baru tersebut juga ditujukan untuk anak-anak.

Bedanya, pada Si Bolang, petualangan dilakukan langsung oleh bocah. Aktivitasnya kemudian direkam dan diberi narasi. Pada Dunia Binatang dan Dunia Air, "petualangan" dilakukan reporter, kemudian dikemas untuk tontonan bocah.

Dunia Binatang bercerita tentang hewan yang hidup di darat, sedangkan Dunia Air tentang hewan air. Penggarapan kedua program ini relatif sama. Keduanya menggunakan pendekatan semidokumenter dan narasi sederhana.

Ketika mengajak penonton (anak-anak) mengenal ular, misalnya, Dunia Binatang menjelaskan bagaimana ular bergerak, bagaimana makan, bagaimana tidur, apa yang harus dilakukan jika bertemu ular. Narasi mengenai kisah ular ini kadang dilengkapi dengan animasi dekoratif di layar kaca.

Pada salah satu episode Dunia Air, penonton diajak untuk melihat kehidupan berbagai macam kepiting yang hidup di pantai, tentang bagaimana perilaku mereka, dan bagaimana cara mereka makan. Semua dijelaskan secara sederhana.

Kedua program baru Trans7 ini menarik dan edukatif serta mudah dimengerti, terutama oleh bocah di atas usia lima tahun. Dunia Air tayang setiap Kamis dan Jumat siang, sedangkan Dunia Binatang setiap Rabu siang. (BSW)

Inbox Awards SCTV

Bulan Agustus ini, SCTV memiliki dua perhelatan besar, yakni Inbox Awards 2009 dan SCTV Awards 2009. Kedua acara ini akan digelar secara terpisah. Inbox Awards diselenggarakan 8 Agustus, sedangkan SCTV Awards tanggal 14 Agustus.

Inbox Awards memberikan penghargaan untuk 11 kategori, antara lain video klip terfavorit, model video klip terfavorit, dan penampilan band paling seru. Penghargaan ini diberikan kepada musisi, model video klip, dan pembawa acara yang pernah tampil di acara musik Inbox.

SCTV Awards menganugerahkan penghargaan untuk sembilan kategori, antara lain aktris ngetop, pembawa acara ngetop, grup band ngetop, program ngetop, dan iklan ngetop.

SCTV, Jumat (31/7), telah mengumumkan para calon penerima penghargaan Inbox Awards dan SCTV Awards. Untuk Inbox Awards, calon penerima penghargaan video klip terfavorit antara lain The Changcuter, Ungu, Five Minutes, The Virgin, dan Wali. Calon aktris dan aktor pemeran utama (sinetron) paling ngetop antara lain Shireen Sungkar, Laudya Cynthia Bella, Teuku Wisnu, Rezky Aditya, dan Derby Romero.

Para penerima penghargaan akan ditentukan oleh jajak pendapat pemirsa, bukan kualitas akting atau keterampilan bermusik seorang artis atau musisi. Vice President Marketing SCTV Stephanus Halim, Jumat (31/7), mengatakan, kedua acara itu akan melengkapi acara penganugerahan lain yang pemenangnya ditentukan oleh juri, seperti Anugerah Musik Indonesia (AMI). (BSW)

"Reality Show" Menurunkan Berat Badan

Hallmark, saluran televisi berlangganan milik NBC Universal Global Networks, akan meluncurkan program reality show bertajuk The Biggest Loser Asia. Hallmark mencari perempuan atau lelaki dengan berat badan berlebih untuk menjadi wakil Indonesia guna berkompetisi menurunkan berat badan sebanyak-banyaknya. Hadiahnya, uang tunai 100.000 dollar AS dan menjadi juru bicara dalam kampanye antiobesitas di Asia.

The Biggest Loser Asia adalah produksi orisinal lokal pertama Hallmark bekerja sama dengan rumah produksi Imagine Omni Media yang akan ditayangkan di 20 negara Asia.

Program ini adalah adaptasi dari The Biggest Loser, program asal Amerika yang bertujuan mengubah hidup kontestan secara drastis dalam sebuah kompetisi penurunan berat badan. Reality show ini telah disiarkan di 90 negara. Di Amerika, The Biggest Loser ditonton oleh 11,8 juta penonton dan menempati urutan ke-3 rating setelah American Idol dan NCIS.

Dian, Humas Hallmark di Indonesia, mengutip Karen Johnston, Direktur Pemrograman NBC Universal Global Networks, mengatakan, audisi pencarian kontestan untuk seri Asia ini dilakukan di Singapura, Malaysia, Filipina, dan Indonesia, terbuka bagi pemilik badan subur yang memiliki daya juang kompetisi tinggi. Peminat dapat mendaftar secara online hingga 31 Agustus 2009 dengan mengisi formulir, meng-upload foto dan video audisi berdurasi 4 menit melalui www.biggestloserasia.com. (IVV)

http://koran.kompas.com/read/xml/2009/08/02/02463397/kronik.televisi

Tidak ada komentar: